Bupati Mardani H Maming Berhasil Bawa Tanah Bumbu Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penghargaan tersebut diterima saat Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Anggaran 2017, Rabu (30/5/2018) di Gedung BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Penghargaan yang diraih ini merupakan yang kelima kalinya secara berturut-turut diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Tanah Bumbu Rooswandi Salem, M.Sos, MM mengatakan prestasi yang diraih ini merupakan pencapaian optimal Bupati Mardani H Maming dalam mengawal akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dan aset daerah hingga mendapatkan opini WTP yang ke 5 kali.

“Prestasi yang diraih ini merupakan hasil dari komitmen Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabilitas khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah yang berujung pada meningkatnya pelayanan masyarakat dan pembangunan di daerah,” ujar Andi.

Rooswandi menambahkan prestasi WTP yang diraih ini berkat kerjasama dan koordinasi yang baik serta didasari atas komitmen dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi atas tata kelola keuangan daerah.

“Kami menyadari komitmen pimpinan adalah hal yang sangat penting dalam upaya apapun yang ingin dicapai dalam mewujudkan pembangunan terbaik didaerah,” ucapnya.

Rooswandi juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh SKPD dan terkhusus Tim Laporan Keuangan Daerah Bidang Akutansi dan Inspektorat yang telah maksimal bekerja menyusun laporan ini sehingga mendapatkan opini terbaik.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas kerja keras yang dilaksanakan selama ini sehingga mampu mempertahankan prestasi opini WTP selama 5 kali berturut-turut.
Bupati juga mengatakan meski dirinya tidak lagi menjabat Bupati dan maju memperjuangkan pembangunan Kalimantan Selatan dijalur DPR RI nanti, ia berharap prestasi opini WTP ini harus terus dipertahankan.

Sementara Plt Sekretaris Daerah Tanqh Bumbu, Ir H Erno Rudi Handoko menyampaikan alhamdulillah dapat memberikan yang terbaik di akhir masa jabatannya sebagai Aparatur Pemerintah yang sudah memasuki masa pensiun. Dan mempertahankan itu lebih sulit dari memperolehnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H Supiansyah ZA yang turut bangga atas pencapaian Tanah Bumbu mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk yang ke 5 kalinya. Dia menilai, status WTP untuk laporan keuangan tahun 2017 tak lepas dari peran sosok kepemimpinan Bupati Mardani H Maming yang dapat membawa arah perubahan dalam tata kelola keuangan daerah.

Sedangkan Inspektur Tanah Bumbu, Win Mandau, SE mengatakan opini WTP yang diraih ini membuktikan bahwa Tanah Bumbu sudah semakin baik dalam laporan keuangan dan ini merupakan buah dari komitmen seluruh SKPD Pemkab Tanbu.

Sebelumnya, Kepala perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Selatan Tornanda Syaifullah menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu kepada Plt Sekda Tanah Bumbu Ir H Erno Rudi Handoko didampingi Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, H.M Alpiya Rahman, Kepala BPKAD Tanbu Rooswandi Salem, M.Sos, MM, Inspektur Tanah Bumbu Wim Mandau, SE. (Rel)

Sumber :  Media Center Kabupaten Tanah Bumbu