Bidang Akuntansi dan Pelaporan

  1. Bidang Akuntansi dan Pelaporan mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis dan penyelenggaraan kegiatan di bidang akuntansi dan pelaporan.
  2. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Akuntansi dan Pelaporan mempunyai fungsi sebagai berikut:
    1. penyiapan perumusan kebijakan teknis bidang akuntansi dan pelaporan;
    2. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang akuntansi dan pelaporan I;
    3. pelaksanaan program, pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di bidang akuntansi dan pelaporan II;
    4. koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
    5. pemantauan, evaluasi dan pelaporan; dan
    6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
  3. Untuk menjabarkan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2), Bidang Akuntansi dan Pelaporan mempunyai uraian tugas sebagai berikut:
    1. menyiapkan bahan penyusunan program kegiatan di bidang akuntansi dan pelaporan;
    2. menyiapkan bahan dalam rangka penyiapan petunjuk teknis pengelolaan kegiatan bidang akuntansi dan pelaporan;
    3. menyusun prosedur penatausahaan keuangan daerah;
    4. menyusun kebijakan akuntansi dan pedoman teknis penatausahaan;
    5. melaksanakan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
    6. melaksanakan pembinaan teknis penatausahaan, pertanggungjawaban dan laporan keuangan daerah;
    7. melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait;
    8. melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
    9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas.

Bidang Akuntansi dan Pelaporan terdiri dari:

  1. Sub Bidang Akuntansi dan Pelaporan I; dan
  2. Sub Bidang Akuntansi dan Pelaporan II;