Bimtek Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban dan Pelaporan Keuangan SKPD

Simpang Empat – Bertempat di Gedung PKK Kapet, pada hari ini, Rabu 11 Desember 2019 dilaksanakan Bimbingan Teknis Implementasi Regulasi tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Materi yang disampaikan pada bimtek kali ini adalah Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban SKPD dan Penyusunan Laporan Keuangan SKPD.

Pelaksanaan Bimtek ini merupakan rangkaian kegiatan sebelumnya dengan materi sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Adapun pelaksanaan bimtek ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam memfasilitasi SKPD dalam menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap implementasi ketentuan di bidang pengelolaan keuangan daerah khususnya dalam pelaksanaan Laporan Pertanggungjawaban SKPD sampai dengan penyusunan Laporan Keuangan SKPD tahun anggaran 2019.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai upaya untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan yang berbasis akrual, sehingga Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dapat menyajikan Laporan Keuangannya secara transparan dan akuntabel sehingga dapat mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Kegiatan ini diikuti oleh Bendahara Pengeluaran dan Petugas Akuntansi SKPD se-Kabupaten Tanah  Bumbu dengan Narasumber dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.