Kegiatan Rekonsiliasi Dana Desa Tahap II

Batulicin – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah menggelar Rekonsiliasi Dana Desa Tahap II. Acara yang dilaksanakan hari ini, Selasa tanggal 06 Maret 2018, berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah.

Adapun tujuan diadakannya rekonsiliasi tersebut adalah terkait tata kelola transfer yang disepakati berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 225/PMK.07/2017 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 Tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Dalam sambutannya, Kepala BPKAD Bapak Rooswandi Salem, M.Sos., MM., menyatakan bahwa Persentase penyaluran Dana Desa dari Kas Daerah ke Desa sampai dengan tahap II diubah, semula paling sedikit 90%, tahun ini menjadi 75%.

“Total dana salur tahun 2017 sebesar Rp. 112.365.080.000,- terdiri dari 144 desa, sementara untuk tahun 2018 Pagu Dana Desa kurang lebih Rp. 105.407.731.000, adapun penurunan tersebut dikarenakan ada perhitungan dari pusat”, demikian disampaikan beliau dalam sambutannya.

Tak lupa beliau mengingatkan tentang tujuan Dana Desa untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, ” Seharusnya dengan Dana Desa, masyarakat kita ekonominya meningkat, sehingga tidak perlu lagi keluar kampung/daerah untuk mencari pekerjaan”.

Sebagai penutup sambutan, beliau menambahkan dalam kebijakan kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri menegaskan bahwa untuk pengawasan Dana Desa, Inspektorat akan lebih berperan aktif dalam pembinaan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan teknis yang dilaksanakan oleh Bidang Perbendaharaan yang diikuti oleh 44 Desa dari Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Simpang Empat.