Meriahkan Tahun Baru Islam Dengan Kegiatan Tadarus Alquran dan Pawai Taaruf

BATULICIN – Dalam rangka memeriahkan dan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440, Pemerintah Daerah  Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan keagamaan pada tanggal 10 – 11 September 2018 di Kecamatan Simpang Empat dan Batulicin.

Pelaksanaan kegiatan dihadiri oleh Plt Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor yang turut berbaur dengan masyarakat.

Adapun Pelaksanaan kegiatan yang dilangsungkan pada malam hari yang bertempat di Mesjid Nurul Hidayah, Kecamatan Simpang Empat dengan agenda kegiatan  Sholat Maghrib berjamaah, Sholat Hajat, Tadarus Al-Qur’an, Sholat Isya, Doa Bersama, dan Pawai Obor berkeliling di pusat kota Kecamatan Simpang Empat.

Menurut Plt Bupati Tanbu, H. Sudian Noor, kegiatan malam tahun baru hijriah harus lebih semarak dan meriah dalam rangka meningkatkan syiar Islam di Bumi Bersujud, Kabupaten Tanah Bumbu.

H. Sudian Noor juga berharap agar umat Islam di Tanah Bumbu yang berpartisipasi mensukseskan kegiatan islami menyambut tahun baru hijriah semakin banyak setiap tahunnya. selain itu, hal ini juga merupakan upaya mengembangkan kehidupan beragama di kabupaten Tanah Bumbu dan menyebarluaskan syiar islam serta memperkuat ukhuwah islamiyah dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

H. Sudian Noor menyatakan tahun baru hijriah ini hendaknya menjadi momentum bagi kita umat Islam untuk melakukan perubahan pola pikir menjadi lebih baik sebagaimana tuntunan agama.

“Hijrah secara vertikal menjadi manusia yang bertaq’wa dan secara horisontal menunjukkan tingkat kesholehan sosial yang tinggi,” sebutnya.

“Melalui tahun baru hijriah ini kita maknai sebagai upaya untuk melakukan perubahan pola pikir umat Islam umumnya dan Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya sebagai abdi negara dalam melaksanakan tugas sebagai khalifah dan pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Adapun kegiatan pawai yang dilaksanakan pada siang hari diikuti oleh seluruh SKPD, Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Pelajar.

Plt Bupati H. Sudian Noor melepas rombongan peserta pawai dengan jalur dari Workshop PT. BKW menuju Lapangan Cappa Padang.