Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah

Simpang Empat – Bertempat di Gedung PKK Kapet, pada hari ini, Selasa 10 Desember 2019 dilaksanakan Bimbingan Teknis Implementasi Regulasi  tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Simpang Empat(10/12/2019) Foto: Wiratmono Tri Hutomo, S.E.

Materi yang disampaikan mengenai Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutan yang diwakili oleh Kepala BPKAD Kabupaten Tanah Bumbu, Bapak Wim Mandau, menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya bimbingan teknis ini dalam rangka meningkatkan kualitas aparatur pemerintah.

Sambutan Bupati Tanah Bumbu yang diwakili oleh Kepala BPKAD, Bapak Wim Mandau, S.E., M.Sos dalam kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Simpang Empat(10/12/2019) Foto : Wiratmono Tri Hutomo S.E.

Pengelola keuangan dan barang dituntut harus mengetahui tata cara penyampaian, pelaporan dan pertanggungjawaban berkenaan dengan dana yang diterimanya , serta untuk mengetahui kewajiban apa saja yang harus dilaksanakan, baik pembayaran pajak daerah maupun pusat,

“Sehingga diharapkan dengan adanya bimtek ini  tidak terjadi kesalahan dalam proses administrasi dan pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh pengelola keuangan dan barang.  serta tidak terjadi temuan oleh BPK yang dapat menyebabkan seorang pengelola keuangan dan barang tersangkut produk hukum”.

“oleh karenanya saya harapkan para pengelola keuangan dan barang dapat mengikuti bimtek ini dengan penuh tanggung jawab dan mengikuti bimtek ini dari awal sampai selesai”.

Adapun pelaksanaan bimtek ini bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan pemerintahan daerah Kabupaten Tanah Bumbu khususnya  pada pengelolaan barang milik daerah dan diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pemahaman terhadap standar pedoman  yang sama dalam hal pengelolaan barang milik daerah sehingga dapat dihasilkan laporan yang lebih akurat dan lebih andal.

Kegiatan Sosialisasi Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah yang diikuti oleh Pengurus Barang dan Pembantu Pengurus Barang SKPD se-Kabupaten Tanah Bumbu. Simpang Empat (10/12/2019) Foto : Wiratmono Tri Hutomo, S.E.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Pengurus Barang dan Pembantu Pengurus Barang SKPD se-Kabupaten Tanah  Bumbu dengan Narasumber dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.